Breaking News

Manusia Prasejarah Pernah Menghuni Goa-Goa di Pangandaran?

Harapanrakyat.com - Sejumlah goa yang berada di wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat disinyalir merupakan milik Badan Arkeolog. Kuat dugaan, di masa pra-sejarah, goa-goa yang berada di Pangandaran dihuni manusia goa. Kabid Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Disdikpora Pangandaran, Drs. Erik Krisna Yudha Astawijaya MSi, didampingi Kasie Seni dan Budaya, Aceng Hasim, mengatakan, hal itu diperkuat dengan keberadaan makam kuno.

Manusia Prasejarah Pernah Menghuni Goa-Goa di Pangandaran?

Salah satunya, kata Erik, berada di goa Donan, di Desa Banjarharja, Kecamatan Kalipucang. Selanjutnya, goa Sutra Reregan yang ada di wilayah Kecamatan Parigi, dan sejumlah goa yang ada di Kecamatan Padaherang.Di samping makam kuno, Erik menduga, terdapat fosil atau perkakas manusia goa yang sudah tertimbun tanah di semua wilayah itu. Pasalnya, dilihat dari karakteristik goa, diantaranya berada di lingkungan batu putih atau karst.

Erik meyakini, masih banyak goa di Pangandaran merupakan peninggalan pra-sejarah. Untuk itu, Disdikpora Pangandaran, kata dia, akan menggali potensi alam yang berkaitan erat dengan peninggalan budaya dan situs-situs yang sama sekali belum terjamah.

Abah Kunay (48), sesepuh Desa Selasari, Kecamatan Parigi, mengatakan, saat ini Karang Taruna Desa Selasari berupaya membuka dan mencari potensi wisata alam goa yang ada di wilayah tersebut. (ntang/Koran-HR)

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close